Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati Jilid II Sukses Digelar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati Jilid II sukses digelar, Minggu (14/7/2024). Kirab atau haul dalam rangka nguri-nguri budaya Ki Ageng Penjawi sebagai pemimpin Kabupaten Pati di masa lampau ini menyita animo dari puluhan ribu masyarakat Pati Kota.

Iring-iringan kirab dipimpin oleh pengurus Maqom Ki Ageng Penjawi, yang kemudian diikuti oleh kereta kuda pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), lima gunungan hasil bumi, reog Ponorogo, marching band, Ansor dan Banser, dan diikuti oleh seluruh masyarakat Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor yang ada di sekitar Maqom.

Dimulai dari komplek Maqom, kirab kemudian berjalan melalui Jalan Dr. Susanto dan Jalan Dr. Wahidin menuju pendopo kabupaten Pati. Sesampainya di pendopo, peserta kirab kemudian melaksanakan upacara yang dipimpin oleh Plt Kepala Disdikbud Pati Tulus Budihardjo.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro yang berhalangan hadir. Tulus sangat mengapresiasi atas keberhasilan panitia mengadakan Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati yang Kedua ini. Tentunya dengan adanya nguri-nguri budaya semacam ini, dinilai oleh Tulus sangat bagus untuk melestarikan kebudayaan Jawa semacam ini.

“Tentunya apa yang sudah dilakukan pada siang hari ini sangat bagus. Antusias masyarakat yang menyaksikan juga sangat banyak. Sehingga harapannya pada tahun-tahun ke depan haul semacam ini bisa terus dilaksanakan,” ujar Tulus.

Sementara itu, inisiator kirab Agus Sunarko bersyukur kirab kedua ini bisa sukses dilaksanakan, Meskipun tidak diikuti oleh Pj Bupati Pati, Agsun mengaku tidak masalah, Dirinya pun tetap mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dari Pemkab Pati atas terselenggaranya kirab.

“Alhamdulillah pada 2024 ini kita bisa kembali melaksanakan kirab yang kedua setelah yang pertama di tahun 2023 dengan tema yang sama yakni Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati Jilid II,” kata Agsun.

Hanya saja, sebagai inisiator kirab napak tilas dirinya mengucapkan permintaan maaf karena tidak bisa mengikuti kirab secara langsung seperti saat kirab napak tilas yang pertama.

“Dirinya berharap dengan adanya kirab ini dapat memperkenalkan kepada masyarakat siapakah Ki Ageng Penjawi, Sebagai praktisi pemerintahan, Agsun juga mengajak kepada para pejabat Pemkab Pati untuk bisa meneladani sosok Ki Ageng Penjawi.

Previous post Banjir Dukungan, Koko Berpeluang Besar Pimpin KONI Pati
Next post Komisi B DPRD Pati Ikuti Prosesi Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi “Kebangkitan Pati” Jilid II

Tinggalkan Balasan

Social profiles