Latihan Sispamkota Antisipasi Risiko Konflik saat Pilkada 

SAMIN-NEWS.com, PATI – Polresta Pati melaksanakan latihan sistem pengamanan atau Sispamkota dalam rangka mengantisipasi terjadinya konflik saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati 2024.

Kegiatan tersebut digelar di halaman Stadion Joyokusumo Pati pada Rabu (21/8/2024). Latihan ini dihadiri oleh Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Kodim serta Forkopimda Pati.

“Melaksanakan Sispamkota, kegiatan ini dilakukan antisipasi kontijensi apabila terjadi suatu hal pada saat tahapan pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Pati,” ucap Kapolresta Pati.

Latihan ini, lanjutnya dilakukan oleh jajaran anggota Polri, TNI serta stakeholder terkait. Adapun dalam pelaksanaan pelatihan kali ini dijelaskan pihaknya melibatkan sebanyak 800 personel.


Dikatakan bahwa agenda ini merupakan simulasi pengamanan semua tahapan-tahapan pada saat Pilkada. Mulai dari tahap awal pendaftaran, nanti saat kampanye, masa tenang, pencoblosan suara hingga penghitungan suara.

“Sehingga seluruh personel pengamanan siap pada saatnya nanti apabila ada kontijensi dan hal-hal yang perlu diamankan maka seluruh personel siap,” ungkap dia.

Dirinya menambahkan, Polresta Pati telah melakukan pemetaan wilayah rawan konflik, dan pihaknya mengaku semua wilayah dianggap rawan sehingga semuanya perlu dilakukan pengamanan secara ketat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ali Ingatkan Pemkab Pati Tangani Inflasi
Next post DPRD Gelar Paripurna Bahas 3 Agenda
Social profiles