Satpol PP Catat Kasus Kebakaran Capai 100 Lebih

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati mencatat kasus kebakaran di Kabupaten Pati pada musim kemarau tahun 2024 ini sudah mencapai 100 lebih kasus.

Kasatpol PP Pati Sugiyono insiden kebakaran disebabkan banyak faktor diantaranya membakar sampah sembarangan dan kelalaian manusia lupa mematikan kompor.

“Kebakaran yang terjadi selama ini lebih dari 100 kasus. Disebabkan rata-rata kebanyakan lupa mematikan api. Seperti kebakaran ruko di Desa Parenggan Kecamatan Pati Kota, Senin (16/09) lalu, pemilik toko lupa mematikan kompor,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada ketika menghidupkan kompor supaya dipastikan apinya mati sebelum bepergian. ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di samping itu, pihaknya juga mewanti-wanti ketika membakar sampah dipekarangan rumah atau di tempat sampah untuk diperhatikan. Terlebih musim kemarau kondisinya panas rentan terjadi kebakaran.

“Musim kemarau ini cuacanya sangat panas, apalagi anginnya sangat kencang, ditambah lagi banyak daun dan ranting sangat mudah terbakar,” jelasnya.

Sugiyono berharap kepada masyarakat agar lebih berhati-hati saat menyalakan api. Sebab kewaspadaan lebih utama ketimbang mengandalkan bantuan dari Damkar Pati.

“Jadi hati-hati meskipun dua hari kemarin hujan deras nyatanya hari ini masih ada kebakaran. Jangan membiarkan api menyala tanpa ada pengawasan,” pungkas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Rumah Warga Sarirejo Diteror Orang Tak Dikenal
Social profiles