Panwascam Cluwak Selenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif 

SAMIN-NEWS.com, PATI – Panwascam Kecamatan Cluwak menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif (Soswatif) gelombang II pada Sabtu (28/9/2024). Kegiatan ini untuk meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2024.

Kegiatan ini nenyasar pemilih pemula, pelajar, tenaga pendidik, pemilih perempuan, dan pemilih disabilitas. Karena mereka berperan penting dalam demokrasi terutama saat Pilkada.

“Harapanya masyarakat umum dapat ikut berpartisipasi dalam mengawasi jalanya pemilihan gubernur dan wakli gubernur serta bupati dan wakil bupati,i” ujar Syafiq Wardani Ketua Panwascam Cluwak.

Dia menjelaskan Soswatif ini diselenggaran oleh Bawaslu melalui Panwascam dengan tujuan melakukan pendidikan pengawasan untuk masyarakat umum, dengan harapan semua masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pengawasan.

Menurut Syafiq semua masyarakat mempunyai hak yang sama di dalam peran pengawasan. Baik seperti pemilih pemula hingga penyandang disabilitas.

“Utamanya untuk lingkungan pendidikan terutama di sekolahan dengan tujuan tenaga pengajar dan pelajar dapat melakukan edukasi ke pelajar lain, sehingga semua pelajar bisa mendapatkan edukasi tentang pengawasan,” tambahnya.

Sosialisasi tersebut diisi pemateri dari unsur kecamatan selaku pemangku kebijakan setempat yang diwakili oleh Paidi. Sedangkan dari unsur Bawaslu diwakili oleh praktisi kepemiluan yang disampaikan oleh Abdul Rosyid T Walid dengan materi pengawasan pemilu.

Previous post Paslon Sudewo-Chandra Gaet Dukungan di Gabus 
Next post Konsolidasi Pemenangan Budiyono – Novi Eko Yulianto Kian Solid di Wilayah Tambakromo

Tinggalkan Balasan

Social profiles