3 Jemaah Haji Asal Pati Meninggal di Tanah Suci

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tiga jemaah haji asal Kabupaten Pati meninggal dunia di Tanah Suci Makkah. Hal ini berdasarkan catatan dari Kementerian Agama (Kemenag) Pati.

Staf Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Pati Rahardian mengatakan, tiga jemaah yang meninggal dunia itu antaranya Djumadi Joso Sugini (71) dari kloter 78 asal Desa Plangitan Pati.

Berikutnya Muhammad Zainuddin (55) asal kloter 77 dan Saripah Banjar Surodipo (87) dari kloter 79.

Dikatakan bahwa Djumadi Joso Sugini wafat pada Rabu pukul 17.59 waktu setempat. Sedangkan kedua nama terakhir wafat pada Sabtu (22/6/2024). Meninggalnya ketiga jemaah ini disebut lantaran sakit.

“Ketiga jemaah haji sudah melaksanakan ibadah haji sebelum wafat. wafat usai mengalami sakit setelah melaksanakan ibadah haji di Makkah,” katanya.

Selain karena kondisi fisik yang tengah sakit dan sudah lansia, menurutnya jemaah juga dihadapkan dengan cuaca yang ekstrim. Jemaah haji harus berjuang dengan cuaca panas di sana.

“Mereka berjuang melaksanakan rukun Islam kelima dengan suhu hingga 48 derajat celcius. Cuaca panas sekali di sana terakhir sekitar 48 derajat celsius,” jelasnya.

Dirinya menambahkan jenazah para jemaah dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Sebelum Kemalingan, Korban: Sempat Ada Orang yang Tabur Sesuatu di Depan Rumah, Kayak Sirep
Next post Ali Ridho Daftar Balon Wakil Bupati ke 4 Partai
Social profiles