Dinkes Sebut Hasil Lab Keluar Paling Banter Semingguan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati mengirim sampel makanan yang dimakan oleh karyawan PT Sejin. Ratusan karyawan pabrik garmen itu diduga mengalami keracunan usai makan siang catering di perusahaan, Selasa (18/7/2024).

Menu makan siang dari catering yang dimakan oleh ratusan karyawan tersebut terdiri dari nasi, sayur asem dan ikang goreng tongkol hingga sambal. Sampel itu telah dikirim oleh Dinkes Kabupaten Pati ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah sesaat pasca kejadian.

Kepala Dinkes Pati, dr Aviani Tritanti Venusia mengatakan pihaknya mengirim sampel makanan ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah untuk dilakukan uji laboratorium. Dinkes Pati mengirim sampel hingga dua kali ke Pemprov.

“Sampel (makanan) dikirim pada Selasa (16/7) sore dan Rabu (17/7) siang,” ujar Aviani saat dikonfirmasi Samin News, Kamis (18/7/2024).

Uji laboratorium sampel makanan tersebut memakan waktu hingga berhari hari. Untuk saat ini sampel tersebut masih dilakukan uji lab pihak terkait. Dia memperkirakan hasil lab dari Dinkesprov paling cepat antara semingguan ke depan.

“Hasilnya belum, sabar menanti yaa. Paling cepet yaa seminggu-nan. Nanti diperiksa mikrobakteriumnya,” ungkap Aviani.

Dirinya juga menyampaikan korban dugaan keracunan massal karyawan tersebut sampai saat ini tidak bertambah. Adapun data Dinkes pada Selasa 17 Juli 2024 pukul 08.00 WIB berjumlah 305 karyawan.

Ratusan karyawan itu dilarikan ke lima rumah sakit di Kabupaten Pati dan Kudus. Di antaranya RS KSH Pati, RSUD Soewondo, RS Nurussyifa Kudus, RS Mitra Bangsa, serta RS Fastabiq Sehat. Mereka menjalani rawat inap sebanyak 40 orang, rawat jalan 263 karyawan, serta 2 observasi.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Makan dari Catering, Korban Keracunan Massal Sejin 305 Karyawan
Next post Lazisnu Jaken Beri Santunan ke 644 Yatim Piatu dan Dhuafa
Social profiles