Komisi B DPRD Pati Ikuti Prosesi Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi “Kebangkitan Pati” Jilid II

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Anggota Komisi B DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Pati Suriyanto, mewakili badan legislative mengikuti prosesi kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi “Kebangkitan Pati” Jilid II yang dilaksanakan pada Minggu, (14/7/2024).

Suriyanto yang notabene memang menyukai sejarah mengaku sangat antusias mengikuti prosesi kirab mulai dari awal hingga akhir. Dikatakan, pelaksanaan kirab yang dipelopori oleh masyarakat Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan/Kabupaten Pati ini merupakan bentuk kepedulian warga akan sejarah.

Politisi dari Partai Demokrat ini mengaku adalah kali kedua dirinya mengikuti kirab, setelah sebelumnya pada 2023 juga mengikuti Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi “Kebangkitan Pati” jilid I.

“Saya sangat berterimakasih karena setiap tahun diadakan kirab Ki Ageng Penjawi. Ini menunjukan bukti bahwa masyarakat Pati nguri-nguri budaya, bahwa Ki Ageng Penjawi ini adalah pemimpin Pati di masa lalu,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui kirab ini bisa memberikan pengetahuan sejarah kepada masyarakat Pati bahwa Ki Ageng Penjawi merupakan tokoh pemimpin Kabupaten Pati (Kadipaten Pesantenan) dulunya.

Bahkan, legislator asal Juwana ini menyebut jika Ki Ageng Penjawi masih memiliki hubungan erat dengan Kesultanan Pajang yang pernah menguasai Pulau Jawa di masa lalu di bawah kepemimpinan Sultan Hadiwidjoyo.

“Harapannya bisa memberikan gambaran sejarah Kabupaten Pati. Karena sejarah menunjukan bahwa Pati masih memiliki keterkaitan dengan Sultan Hadiwidjoyo dari Kesultanan Pajang,” tandas Suriyanto.

Tentunya, besar harapannya agar kirab semacam ini bisa terus dilesatarikan dan dilaksanakan setiap tahunnya.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati Jilid II Sukses Digelar
Next post Dua Pekan, Polresta Pati Lakukan Operasi Patuh Candi
Social profiles