Meriah dan Penuh Kreativitas, SMPN 1 Sukolilo Adakan Gelar Karya P5

SAMIN-NEWS.com, PATI – Suasana penuh semangat dan gembira memenuhi SMPN 1 Sukolilo, Pati saat Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diselenggarakan pada Sabtu, 22/06/2024. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan penerimaan rapor kelas VII dan VIII sehingga seluruh siswa dan orang tua wali murid bisa ikut menyaksikan.

Kegiatan Gelar karya bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila. Dalam acara ini, para siswa menampilkan berbagai karya yang dihasilkan selama mengikuti projek. Ada tiga projek yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Sukolilo pada tahun ajaran 2023/2024 ini.

Projek pertama adalah tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik “Sulap Sampah Plastik Menjadi Karya Estetik” yang menghasilkan produk-produk hasil pengolahan sampah plastik seperti tas, dompet, bunga, dan landmark Essako Berkarakter.

Projek kedua tema Kewirausahaan dengan topik “Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Berlimpah di Sekitar Kita untuk Melatih Pengembangan Usaha”. Di sini anak-anak belajar ecoprint dengan produk kain dan tote bag serta memasarkannya melalui sosial media.

Projek ketiga bertemakan Kearifan Lokal dengan topik “Sukolilo yang Aku Banggakan” yang bertujuan untuk mengenalkan keragaman budaya, sosial, alam, dan ekonomi desa Sukolilo. Produk yang dihasilkan adalah video, poster,dan buku.

Seluruh siswa antusias menggelar karyanya di serambi kelas masing-masing. Para orang tua/wali murid semangat berkeliling melihat hasil karya anak-anak. Kegiatan berlangsung lancar dan meriah. Salah satu orang tua siswa mengaku senang bisa menyaksikan gelar karya dan puas terhadap karya yang dipamerkan.

Kepala SMPN 1 Sukolilo, Drs. Sudarman, M.Ag mengatakan bahwa hal utama yang menjadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar bukan semata hasil atau produk. Beliau juga berharap pembelajaran selama projek P5 tidak hanya berhenti sampai di sini namun terus dilaksanakan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ali Ridho Balon Wakil Bupati Resmi Mendaftar di Enam Parpol
Next post Hari Bhayangkara, Kodim Pati Beri Kejutan ke Polres
Social profiles