Sektor Ketenagakerjaan Diminta Difokuskan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sektor ketenagakerjaan di Kabupaten Pati diminta untuk terus diperbaiki. Sebab pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari kesejahteraan para pekerja yang harus diperhatikan demi menjamin tujuan ekonomi industri terwujud.

Oleh sebab itu sektor ketenagakerjaan perlu mendapat perhatian lebih dari para pemangku kebijakan. Seperti penjaminan keselamatan kerja, upah maupun peningkatan sumber daya manusia yang unggul.

“Pemerintah daerah mewajibkan perusahaan yang ada di Kabupaten Pati harus dan wajib mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” minta pimpinan dewan, Ali Badrudin.

Perlindungan jamin keselamatan ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada para pekerjanya. Di sisi lain hal ini juga bentuk keseriusan perusahaan menjamin terhadap perlindungan keselamatan kerja.

DPRD Pati juga mendorong pemerintah Kabupaten Pati agar menginstruksikan perusahaan di daerah untuk bersama-sama bertanggung jawab memikirkan bagaimana mengurangi angka kemiskinan.

Upaya tersebut bisa dilakukan dengan meningkatkan kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan maupun memberikan pelayanan akses informasi seputar lowongan pekerjaan hingga menggelar kegiatan seperti job fair.

“Diharapkan juga mengurangi tingginya angka pengangguran di Kabupaten Pati. Sehingga harapannya tenaga kerja lokal agar diprioritaskan untuk diberikan kesempatan dibanding dengan tenaga kerja dari daerah lain,” imbuhnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Anggota DPRD Pati Dilantik Ini Nama dan Dapilnya
Next post Anggota DPRD yang Baru Ini Komitmen Bangun Pati
Social profiles