Awal September, 61 Desa Terdampak Kekeringan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di awal bulan September ini puluhan desa di Kabupaten Pati mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Sebanyak 61 desa yang tersebar di 9 kecamatan mengalami kesulitan air bersih.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, desa kekeringan yang paling banyak berada di wilayah Kecamatan Jaken, sejumlah 12 desa.

Berikutnya di Kecamatan Winong terdapat 11 desa, Kecamatan Jakenan dan Pucakwangi masing-masing 9 desa, Kecamatan Tambakromo 7 desa, Kayen 5 desa, Batangan 4 desa, Gabus 3 desa dan Kecamatan Sukolilo 1 desa.

“Wilayah terdampak kekeringan terus meluas, hingga awal September sebanyak 61 desa 9 kecamatan mengalami kekeringan. (kecamatan) Tambakromo, Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Gabus, Winong, Kayen, Sukolilo, Batangan,” Kata Kepala Pelaksana Harian Badan (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya.

Catatan tersebut mengacu pada data BPBD Pati per tanggal 5 September 2024. Kekeringan terjadi bulan Mei lalu. Akhirnya masyarakat mengandalkan bantuan air bersih untuk keperluan konsumsi sehari-hari.

Puluhan ribu jiwa terdampak kekeringan. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih. Budi mengatakan saat ini sebanyak 26.831 kepala keluarga (KK) serta 86.182 jiwa yang terdampak.

Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Pati ini dipengaruhi oleh musim kemarau yang telah terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Akibatnya sumber mata air di sejumlah wilayah kering.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Tiga Rumah di Winong Kemalingan saat Pemilik Selawatan
Next post Warga Temukan Jenazah Pria di Dalam Truk Box SPBU Wedarijaksa
Social profiles