Belajar Demokrasi dan Kepemiluan, Siswa MAN 1 Pati Sambangi KPU 

SAMIN-NEWS.com, PATI – 400 siswa MAN 1 Pati menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati pada Rabu (4/9/2024). Kunjungan ratusan pelajar tersebut guna belajar tentang demokrasi dan kepemiluan.

Kegiatan itu dibuka oleh komisioner KPU Ahmad Adrik Yusi yang didampingi rekannya Nugraheni Yuliadhistiani. Diharapkan bagi para siswa nantinya dapat mengedukasi teman sebayanya berkaitan dengan kepemiluan.

“Kami ucapkan selamat datang, semoga melalui kegiatan ini para pelajar minimal mengetahui bagaimana proses kepemiluan itu berlangsung,” ucap Adrik.

Para siswa juga tampak antusias mengikuti sosialisasi terkait pemilih pemula yang disampaikan oleh Nugraheni Yuliadhistiani. Dirinya menegaskan pentingnya edukasi politik bagi pelajar agar para pemuda tidak gagal paham terhadap demokrasi.

Adhis menjelaskan pemilih GenZ memiliki karakter yang kuat terhadap penggunaan media. Manfaat positifnya tahapan-tahapan dan proses kepemiluan dapat diakses dari media sosial.

“Salah satu karakternya pemilih pemula itu kepemilikan gadget dan media sosial. Jadi kalian (siswa) ini juga bisa mengetahui tahapan pemilihan hanya dengan membuka sosial media. Tapi juga harus bijak dalam bersosial media,” terangnya.

Di sisi lain Kepala MAN 1 Pati, yang diwakili oleh Waka Kurikulum, Ahmad Luthfin Niam mengungkapkan bahwa agenda tersebut merupakan dari implementasi kurikulum merdeka bagian Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5RA).

“Kami sampaikan rasa terima kasih kami karena ini tahun ketiga kami bisa diberikan kesempatan untuk dapat berkunjung kembali ke KPU. Tentunya anak-anak ini nanti akan belajar untuk mengenal berjalan demokrasi khususnya di Kabupaten Pati ini,” sebutnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post IPARI Pati Salurkan 15.000 Liter Air Bersih ke Warga Mojoluhur
Next post Lampu Stadion Joyokusumo Dikerjakan, Target 3 Desember Selesai
Social profiles