Pemkab Pati Deteksi Kerawanan Pilkada 

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melakukan pemetaan untuk mendeteksi dini menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati yang bakal berlangsung pada November 2024 nanti.

Rapat yang berlangsung di Ruang Pragolo Setda Pati pada Selasa (3/9/2024) itu guna mengantisipasi risiko konflik yang timbul dari Pilkada. Pemerintah harus mampu menciptakan Pilkada yang kondusif.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati, Sujarwanto Dwiatmoko dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda beserta Camat se-Kabupaten Pati, Polri, TNI, dan Kejaksaan.

“Pemerintah harus mampu menciptakan lingkungan aman dan kondusif dari arus politik pelaksanaan Pilkada. Jadi jangan sampai perbedaan pilihan masyarakat nantinya menjadi permusuhan sesama saudara,” terang Sujarwanto dalam arahannya.

Pilkada, menurutnya bisa membuat masyarakat terpolarisasi atau terkotak-kotak. Seperti beda pilihan, beda dukungan kepada pasangan calon. Hal ini harus benar-benar diperhatikan.

Bahkan yang lebih menampar lagi adalah akibat perbedaan pilihan itu bisa memicu dendam antar masyarakat.

“Jangan sampai terjadi polarisasi karena berbeda pilihan saja. Apalagi nanti ketika itu terjadi maka akan menimbulkan dendam gaga-gara beda pilihan tadi,” bebernya.

Dirinya berharap hajatan demokrasi untuk memilih pemimpin suatu daerah nanti dapat berjalan lancar. Ia tak ingin konflik horizontal mencederai proses Pilkada 2024 yang bakal digelar beberapa bulan mendatang.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Anggota DPR RI Sudewo Bekerjasama Dengan BP3 Curug Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat
Next post Pilkada, Sujarwanto Minta Lingkungan Kondusif hingga Lingkup Terkecil
Social profiles