Pilkada, Sujarwanto Minta Lingkungan Kondusif hingga Lingkup Terkecil

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) rentan terjadi konflik. Olehnya Penjabat (Pj) Bupati Pati Sujarwanto Dwiatmoko meminta agar jajaran pemerintah daerah hingga lingkup terkecil yakni pemerintah desa untuk menjaga lingkungannya.

Hal itu ia sampaikan saat rapat koordinasi terkait pemetaan kerawanan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati 2024 di Ruang Pragola Setda Pati, Selasa (3/9/2024) siang.

Selain Pj Bupati Pati, hadir dalam kegiatan tersebut antara lain jajaran Forkopimda beserta Camat se Kabupaten Pati, Polri, TNI, dan Kejaksaan.

Ia meminta kepada para camat di Pati untuk mendeteksi lingkungannya masing-masing. Bahkan bila perlu harus turun ke lapangan memastikan keamanan dan ketertiban tetap kondusif.

“Kami minta forkopimda pak camat betul-betul memahami kondisi lingkungan sebagai pemerintahan dan harus turun ke lapangan. Bahkan harus mampu mendeteksi kerawanan yang timbul di tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia menyampaikan ketika terjadi bibit kerawanan maka bisa ditempuh dengan cara musyawarah secara kekeluargaan. Sehingga keamanan dan ketertiban itu betul- betul terwujud.

Dirinya pun mendorong dan berharap permasalahan sekecil apapun jangan disepelekan. Tetapi perlu meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan pihak keamanan.

“Takutnya kalau dibiarkan dapat menimbulkan permasalahan yang lebih besar di kemudian hari. Tentu harus segera bisa mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerawanan yang memicu persoalan,” ungkapnya.

Sujarwanto juga berharap pemerintah harus mampu menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif dari arus politik. Ia menegaskan perbedaan pilihan dalam Pilkada jangan sampai membuat permusuhan sesama masyarakat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemkab Pati Deteksi Kerawanan Pilkada 
Next post Maling Motor, 3 Warga Kudus Diamankan Polisi 
Social profiles